Selasa, 17 Agustus 2010

SANSIVIERIA PATULA


Sansevieria Patula

Oleh : Susi

Rizki Cahyanti

X.1/39

Sansevieria patula (Sansevieria cylindrica) termasuk tanaman yang dapat berkembang di dalam ruangan atau di luar ruangan dengan perawatan yang rendah. Sansevieria cylindrica mempunyai daun kelabu hijau, yang bergaris dan halus.

Sansevieria memiliki daun keras, tegak, dengan ujung meruncing. Yang membedakan Sansevieria cylindrica dari varietas lain adalah sifat silindris daun. Sansevieria cylindrica hanya membutuhkan pengairan sekitar sekali atau dua kali sebulan selama iklim hangat, dan kurang sering di dalam ruangan. Tumbuh subur terbaik dengan sedikit air dan pada suhu kamar. Tanah harus benar-benar lembab pada setiap penyiraman, dan dibiarkan kering sebelum air ditambahkan lagi.

Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida.

Cara mengembang biakkan tanaman ini adalah, pertama-tama membagi daun, yang tebal, dengan memotong daun. Sebelum penanaman bagian ini dalam tanah, biarkan daun kering dengan cara dijemur. Setelah di jemur, barulah daun ini bias di tanam di tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar