Selasa, 17 Agustus 2010

Toilet Memorial

Panggil aku Fela, aku masih duduk di bangku SMA kelas X, aku anak pertama dari dua bersaudara. Saat ini hatiku sedang gundah, bingung, bahagia, cemas, dan sedikit kecewa. Dan bila di lihat dari tanda – tandanya sepertinya aku sedang jatuh cinta, tapi apa benar? Aku sendiri bingung. Ceritaku berawal dari suatu pagi.

Ah, bangun pagi. Ku coba renggangkan badan seperti iklan selimut di TV, menguap lebar – lebar seakan bangun pagi pertama kali,ku buka mata sedikit dengan penuh penghayatan, ku kucek – kucek mataku, kok aneh? Rasanya semua pandanganku berubah menjadi coklat, nah loh ? ya iyalah coklat, belom mandi, belek masih setia nempel gitu, hihihi mandi dulu.

Nah, seger banget badanku, sepertinya aku sudah siap menghadapi hari jum’at ini, oke kita cek dulu, baju seragam …….oke, baju olahraga …… oke, kerudung…….oke, parfum….oke,buku…….oke, sepatu……. oke, sepeda……oke, tapi eiiiittttt ada yang ketinggalan tapi apa ya? O iya belon sarapan, pantes ada yang dangdutan, sekarang waktunya sarapan pagi, gumamku pada diri sendiri. Hhhhmmmm kenyang, kalo sekarang aku udah bener – bener siap berangkat sekolah, batinku pagi ini.

“ Assalamualaikum, aku berangkat” pamitku pada orang rumah, tapi kok belum ada jawaban? Coba sekali lagi dengan suara lebih keras

“ Assalamualaikum, aku berangkat” sekali lagi ku coba, kok masih gak ada yang ngejawab, pada kemana sih ? coba lagi ah….

“ Assalamulaikum, aku berangkat”

“ Ya Allah, Waalaikum salam, wong di jawab kok bolak – balik pamit!”, jawab suara dari dalam rumah, pasti Uti.

“ Hehehe, pagi – pagi kok yo udah saliwang nih telinga” jawabku dengan nada kecil.

Di perjalanan tak lepas kusenandungkan lagu, dengan nada kecil tentunya, biar gak suntuk. Tapi kalo di inget – inget jam pertama kan olahraga, masuknya jam 6 pagi, sekarang jam berapa ya ? Dieeeeng, tuh kan kebanyakan nyanyi nih, molor dah. Dengan terpaksa ngebut aja lah. Sampai sekolah ternyata masih sepi, aku bergegas memarkir sepeda. Ku percepat langkah, tiba di lapangan aku bersyukur ternyata belum terlambat. Dengan tenang ku hampiri teman – teman yang telah datang, dengan senyum mengembang ku sapa mereka. Tak lama pak guru yang mengajar olahraga pun datang. Pelajaran olahraga ini di mulai dengan pemanasan, awal – awal memang terasa biasa, tapi saat masuk pembelajaran inti mulai terasa susah, apalagi cuaca mulai panas. Haduh.

“ Uhhhh, panas banget. Benar – benar panas pagi ini, padahal tadi masih adem – adem aja, kok baru kerasa setelah olahraga ? Duh Gusti help me, rasanya seperti kerja rodi jaman Belanda. Sumpah, panas banget. Kenapa sih, mesti olahraga di tengah lapangan yang udah kayak padang pasir gini ? Liat tampang anak – anak lain yang makin kinclong mengkilap gara – gara berminyak, kesannya merana banget. Dasar sok dramatis.” keluhku pada diri sendiri.

“Huhuhu,, jadi nggak semangat olahraga kalau kayak gini. Sekali lagi, uhhhh, panas banget. Duuh, kapan selesainya sih olahraga ini? Jangan – jangan tahun depan, iiiihhhh pikiran dah mulai kemana – mana nih.” sambut batinku mengeluh manja

“Ugh, ayo temen – temen semangat pasti bentar lagi juga selesai, trus semangat. 1… geleng kanan,2 …. geleng kiri,3 ..... paling kanan, 4……paling kiri 5 …… semangat – semangat. Tangan diatas, goyangkan badan semua teriak… loh ini kan lagu? Ganti. Tangan diatas, bungkukkan badan, tekuk kaki, tumit di angkat, ulangi sampe mampus. Hihihi parah banget nih otak.” Ku semangati diriku sendiri.

Aduh mulai bosan, dan capek, paling enak ngegosip ama anak – anak nih,

“ Eh, katanya si Ani lagi suka sama Deni ya?” tanyaku berbisik pada teman di sampingku.

“ Kamu salah, ganti sasaran kale.” jawab teman di sampingku, Tari

“ Lah, kok aku belom denger gosipnya ya ? Kasih tau dong, penasaran nih,” tanyaku memelas

“ Tapi jangan cerita ke anak laen ya, ini masih gossip!” sahutnya sedikit memerintah

“Okeh, rahasia tersimpan rapat.” jawabku asal, dengan gaya mengedikkan bahu.

“Serius dong, aku juga baru dapet gosipnya, jangan cerita ke anak – anak laen”

Aku pun cuma manggut – manggut tanda setuju

“ Kalo mau ngobrol silahkan keluar barisan dan jangan mengikuti pelajaran saya!” Hardik pak guru yang sadar muridnya lagi gak konsen olahraga. Kami yang menyadari lagi di sindir langsung semangat lagi olahraga, anak – anak yang lain cuma ketawa – ketawa kecil melihat kami berdua. Huh apes.

“Tess, tess, tess tuh kan bener udah capek keringet udah banjir gini. Ayo dong pak istirahat bentar aja, kering nih tenggorokan,” teriak batinku.

“ Nah, anak – anak saya kasih waktu istirahat 5 menit, setelah itu mulai olahraga lagi” kata Pak guru

“ Kenapa gak dari tadi pak, tapi kok bentar banget istirahatnya?” keluhku pelan – pelan. Anak – anak lain hanya bilang Alhamdullillah berjama’ah. Mulai deh berebutan nyari minum, yang udah bawa minum enak, la yang gak bawa macem aku susah, mesti nyari, beli dan antre dulu, padahal ya cuma minta ke temen – temen hihihi. Ya udah lah nikmatin aja masih mending di kasih istirahat, kalo full pelajaran, UKS ntar jadi penuh dong, gara – gara banyak yang jantungan mendadak hehehe.

Selang 5 menit lebih sedikit pelajaran di mulai lagi, ya walapun badan masih rada pegel tapi lanjutin aja lah, bentar lagi juga udah kelar.

“ Sebelum kalian kembali ke kelas, saya absent dulu” ucap pak guru sebelum mengakhiri pelajarannya.

“ Ya ampun pak, udah siap – siap mau balik, masih aja ada yang ketinggalan” keluh salah satu temanku.

Setelah memastikan semua muridnya telah di absent pak guru pun mengakhiri pelajaran olahraga kali ini. Perasaan lega mulai menyelimuti wajah teman - teman, termasuk aku.

“ Ya, silakan kalian kembali ke kelas”

“ Makasih Pak, Assalamualaikum” pamit kami, bergantian berjabat tangan dengan pak guru.

************


Perjalanan kembali ke kelas cuma di warnai suara nafas yang ngos- ngosan, dan kipas – kipas ala kadarnya khas anak sekolah. Tiba di kelas aku hanya duduk, mendinginkan badan, dan minum sebanyak – banyaknya. Hanya butuh beberapa menit melemaskan otot lutut, karena sadar pelajaran akan berganti aku bersama teman – teman lainnya sepakat berganti baju seragam.

Berebutan kamar mandi emang udah jadi kebiasaan, ya maklum lah toilet cewek cuma beberapa jadi mesti gantian makenya. Aku memilih kamar mandi yang dekat dengan kantin. Ya bisa di tebak kenapa milih disini, tentu aja kan lebih praktis kalo butuh minum, ya nggak ?

Tapi tau gak ritual ganti – mengganti baju udah ada sejak jaman duluuu banget, sejak jaman purbakala Homo Sapiens yang di identifikasi oleh Prof. Fela, ritual ini udah jadi tradisi loh, mau tau buktinya? Tanya aja ke Mbah Google, pasti tau banyak banget atau kalo masih gak percaya tanya aja ke Oom Wikipedia, di jamin info yang aku kasih nyasar 100%. Balik lagi soal ganti baju olahraga. Aku ganti baju sendirian , padahal kan biasanya rame – rame satu toilet jadi bisa pimjem parfum, bedak, sisir, dkk. Berhubung aku lagi ganti sendiri jadi aku cepet – cepetin aja lah ganti bajunya. Tapi tiba – tiba

Kan kuabaikan sgala hasratku agar kaupun tenang dengannya,” terdengar suara nyanyian seorang cowok dari arah luar toilet.

“ …….Kupertaruhkan semua ragaku demi dirimu bintang,” suara itu makin mendekat dan bikin aku gugup gak karuan

“ ……Biarkan ku menggapaimu memelukkmu memanjakaanmu,” ku pegang erat dadaku, sumpah aku jantungan, aduuh siapa nih cowok kok kayaknya samakin deket ke toiletku ? batinku menjerit. Tapi kok dia buka pintu ? Oo aku paham dia juga mau ke toilet, emang dia mau ngapain juga deketin toilet yang udah ditutup, dasar bego! Gumamku membodohi diriku sendiri.

“ ……Tidurlah kau di pelukkku di pelukku,” suaranya kembali menggema, karena toilet kami berdampingan. OEMJI, kayaknya jantungku udah bener – bener copot, oh kenapa di keadaan begini gak ada petugas UKS sih, aku dah gak kuat. Kakiku gemeter, jantungku udah copot, pipiku udah kayak udang rebus, nafasku udah tersengal – sengal rasanya ruangan toiletku makin menyempit, aku bener – bener udah gak kuat. Oh.. oh aku kena claustrophobia dadakan, aku kena asma , aku kena serangan jantung, aku udah komplikasi berat, sapa aja yang denger batinku menjerit tolong aku.

Udah rada sadar dari serangan penyakit dadakan yang aku alami, aku dengerin suara seorang cowok disamping toiletku yang masih nyanyi lagu yang sama. Suaranya merduuuuu banget ngalahin Pidi Eldiano yang nyanyiin lagu Status Asli. Aku gak bisa pungkiri, suara cowok di toilet sampingku udah bikin aku terbius, bikin aku malu – malu tanpa aku sadari. Gak mau berlama – lama terus gugup aku menjerit – jerit

“ Vi, Viiii, vioooon.” jeritku dengan sekuat tenaga yang bisa kukumpulkan

“ Opo to yo Fel ? gak usah teriak – teriak napa ?” jawab Vion di seberang sana

“ Vi, Viiii, vioooon.” jeritku masih setengah sadar, sedangkan suara nyanyian cowok disamping toiletku lama – lama menghilang

“ Opo seh Fel ? kalo panggil – panggil mbok nanti aja, aku masih pake sepatu !” jawab Vion dengan nada ketus. Aku terdiam tak kuhiraukan jawaban Vion, yang menjadi pusat pikiranku hanya suara cowok diseberang sana yang semakin tak terdengar seiring dengan laju jantungku yang semakin stabil. Aku bingung ku perjelas indera pendengaranku, barang kali cowok tadi masih disana. Lama yang ada hanya sepi, tak terdengar lagi suara merdu di seberang sana, aku merasa kehilangan. Mana suara merdu itu? Mana suara derap langkah kaki itu ? Mana suara pintu yang terbuka ? Mana perasaan yang tadi membuatku gugup ? walaupun masih bisa ku rasakan gugup, tapi ada yang hilang. Kali ini aku benar – benar tak ingin berlama – lama di toilet ini. Cepat – cepat ku bereskan baju – bajuku.

Aku keluar dari toilet, yang langsung di tanyai Vion,

“ Ono opo to Fel? Kok tadi kamu panggil – panggil aku?” tanya Vion

“ Anu……” jawabanku terputus

“ Apa sih ?” tanya Tari menimpali

“ Anu……” kembali jawabanku terputus

“ Anu, anu apa to ? bingung aku Fel, ayo balik ke kelas aja” ajak Vion, yang ku ikuti langkahnya meninggalkan toilet, bersama Tari dan teman – teman lain.

Saat di jalan kembali ke kelas kucoba menceritakan apa yang ku alami pada teman – teman, entah mereka meledek, senang, penasaran, atau iseng, mereka cuma senyam – senyum aja ngeliatin dan nanggepin ceritaku, katanya aku udah kayak orang tersesat, yang lagi bingung nyari jalan pulang. Jengkel juga sih, tapi ya udah lah.


*************


Saat istirahat berita yang bikin aku jantungan lagi, katanya temenku Ayu ngeliat cowok yang tadi masuk ke toilet disampingku. Denger berita kayak gitu langsung aja si Ayu aku berondong pertanyaan, macem ini dengan kalang kabut

“ Yu, gimana orangnya?” tanyaku tak sabar

“ Orangnya putih, lumayan tinggi.” jawab Ayu singkat

“ Terus dia tadi jalan kemana?”

“ Kayaknya tadi jalan ke arah depan.”

“ Kamu tau wajahnya kayak gimana?”

“ Emmmmm.” jawab Ayu menggantung

“ Kok emmm, jawab dong! Kamu tau wajahnya gak ?” cecarku

“ Gimana ya?” Ayu yang masih sok belagak pilon

“ Ah maenin aku ya? ayo dong Yu, jawab!” pintaku sedikit memelas

“ Gak tau.” jawabnya

“ Ah masak kamu gak tau? Kamu pasti sempet ngeliat wajahnya kan?” aku masih tak percaya

“ Ah yo wes, kamu mau nanya apa ngeyel? Aku lo emang gak ngeliat wajahnya” sahut Ayu sedikit jengkel

“ Yaaaaaahhhhh.” semangat yang semula menyelimutiku, perlahan memudar.

“ Ada paan sih Fel,Ayu?” sahut Linda tiba – tiba

“ Tau nih Fela, lagi kesurupan hantu toilet, masak suka sama suara di toilet.” jawab Ayu asal sambil menunjuk ke arahku

“ Enak aja, gak Lin, aku kayaknya lagi falling in love deh sama Mr. Bintang .” jawabku malu – malu

“ Haaa?” ucap Linda sedikit kaget sampe menatapku tak percaya

“Sapa tuh Mr. Bintang gak pernah denger?” sambung Linda

“ Nah itu masalahnya, aku juga gak tau!” sahutku lirih sambil memainkan ujung kerudungku

“ La kok bisa namanya Mr. Bintang ? berarti bener kamu lagi kerasukan setan toilet” lanjutnya, “ Mana bisa kamu jatuh cinta instant kayak gitu? Emang kamu kira jatuh cinta tuh apaan ?”

“ Abis dia nanyi lagu yang judulnya Bintang hehehe, tapi kan bener, orang bilang cinta pada pandangan pertama,” jawabku tak mau kalah

“ Nah itu kan pandangan, kamu kan pendengaran ? jatuh cinta sama kagum itu beda tipis, tipiiiiiissssss banget.” jelas Linda, aku hanya terdiam karena aku yakin aku lagi jatuh cinta.

“ Ah kalo emang Fela lagi jatuh cinta ama si Mr. Bintang selamet deh,, traktiran ya kalo udah ketemu sama orangnya.” ledek Ayu memecah kebisuanku.

“ Oke deh, mungkin kamu emang lagi jatuh cinta ama Mr. Bintang, jangan mimpi macem – macem loh ntar malem. Ganbatte ya.”

“ Siiiiiippppp lah.”


*************


Dan, bener kata Linda aku emang gak bisa berhenti mikir yang macem – macem. Otakku gak bisa diem, memoriku soal kejadian tadi diputar – putar terus kayak kaset rusak. Duduk salah, diem gak enak, makan udah kenyang, nonton TV gak tertarik, apalagi baca buku biologi yang isinya spermatophyte, bryophyte, fitoplankton, dkk, bener – bener kagak nyambung bo’. Aku coba ngerjaen matematika yang soalnya (x2.9) yang ada hasilnya, kepalaku malah nyut – nyutan,lagi gak mood ngerjaen apa emang gak bisa? Gak tau deh.

Tiba – tiba HPku bunyi,

Tuliiiiittt, tulit, nananana tuliit, tuuulalit. Tanda ada sms masuk aku baca,

inget loh kagum, ama cinta itu beda tiiipppiiiiissss banget!

Udah bisa aku tebak dari siapa, pasti Linda tapi kalo di pikir – pikir ada benernya yang di bilang Linda tadi siang. Aku makin gak ngerti dengan perasaan aku sendiri. Nah, disinilah aku saat ini, bingung, penasaran, gundah, dan bahagia. Aku bener – bener gak ngerti, aku gak bisa ngungkapin perasaanku. Tapi semakin aku dalami semakin aku ngerti gimana perasaan ini berarah, dan aku yakin kali ini aku gak salah persepsi dengan perasaanku sendiri. Siapapun orang yang mengenal kalian dengan sangat baik, gak akan mengerti perasaan kalian sendiri, karena hanya kalianlah yang mengerti, tapi tergantung bagaimana kalian mengartikannya.

Dan aku yakin bener apa yang terjadi dengan hatiku. Aku bukan jatuh cinta, aku bukan menyayanginya, aku hanya sebatas mengaguminya, tak ada rasa ingin memiliki hanya ingin mengetahui siapa sebenarnya dia. Arrrggghhhh, tetep aja aku penasaran, yang jelas pangeran toiletku akan menjadi memori indah di otakku. Tapi siapakah dia ? Who knows ?.



TAMAT


UNUN FITRY FEBRIA BAFANI X6/37


Tidak ada komentar:

Posting Komentar